Ekonomi Bisnis
A.Pengertian Pasar Monopolistik
Pasar Monopolistik adalah sebuah bentuk pasar dimana ada banyak produsen yang saling berkompetisi dengan produk yang hampir serupa namun memiliki beberapa pebedaan.
B.Kelebihan dan Kekurangan Pasar Monopolistik
>Keuntungan Pasar Monopolistik :
Pasar Monopolistik adalah sebuah bentuk pasar dimana ada banyak produsen yang saling berkompetisi dengan produk yang hampir serupa namun memiliki beberapa pebedaan.
B.Kelebihan dan Kekurangan Pasar Monopolistik
>Keuntungan Pasar Monopolistik :
- Banyaknya produsen dalam pasar sehingga konsumen memiliki banyak alternatif produk. Jika produk yang biasa dibeli konsumen tidak tersedia, konsumen dapat dengan mudah memilih produk serupa dari produsen yang berbeda. Selain itu, konsumen dapat menentukan pilihan produk sesuai dengan utilitynya (kepuasanya).
- Produsen dapat bebas keluar dan masuk pasar karena tidak ada hambatan yang berarti (tidak ada barriers to entry).
- Banyak inovasi yang dapat dilakukan, mulai dari proses produksi atau mengembangkan cara baru untuk menarik konsumen.
>Kekurangan Pasar Monopolistik :
- Bentuk pasar yang persaingannya sangat ketat, baik dari segi harga, kualitas, dan pelayanan.
- Produsen yang kurang modal dan kurang pengalaman biasanya akan cepat keluar dari pasar tersebut.
- Bentuk pasar ini membutuhkan modal yang sangat besar, baik itu untuk produksi, operasional, dan pemasaran.
C.Ciri-Ciri Pasar Monopolistik
- Terdapat banyak produsen atau penjual.
- Adanya diferensiasi produk.
- Produsen dapat mempengaruhi harga.
- Produsen dapat keluar masuk pasar.
- Promosi penjualan harus aktif.
Komentar
Posting Komentar